186 Santri Aceh Ikuti Seleksi Beasiswa Santri Berprestasi


BANDA ACEH - Sebanyak 186 santriwan dan santriwati dari sejumlah pesantren di Aceh, mengikuti seleksi program beasiswa santri berprestasi (PBSB) Kementerian Agama tahun 2017 yang diselenggarakan Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Aceh, di MAN 2 Banda Aceh, Senin (22/5/2017).

Pelaksanaan ujian tahun ini menggunakan Computer Based Test (CBS), yang dilaksanakan selama dua hari, yakni pada hari ini dan besok. Bahkan, khusus bagi yang memilih UIN Maulana Malik Ibrahim, ditambah dengan tes Tahfidh (Hafalan).

Kepala seksi Pondok Pesantren Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Rusdy, selaku Ketua panitia seleksi mengatakan, kuota pendaftar berjumlah 200 santri. Namun setelah diverivikasi untuk mengikuti tes hanya tersisa 186 santri.

Ia menjelaskan, para peserta seleksi tersebut berasal dari 21 pesantren di Aceh, seperti Dayah Insan Qurani Aceh Besar, Darul Ihsan Kruengkale, MUQ Langsa, Ruhul Islam Anak Bangsa, MUQ Pagar Air, Jeumala Amal, Umar Diyan, Misbahul Ulum, Yapena, Darul Ulum dan beberapa pesantren lainnya di Aceh.

"Para peserta seleksi memilih berbagai program S1, baik jurusan agama maupun jurusan umum di berbagai perguruan tinggi umum dan agama di Indonesia," kata Rusdy.

Adapun universitas yang dipilih santri, seperti IPB, ITS Surabaya, UGM Yogyakarta, UPI Bandung, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan IAIN Walisongo Semarang.

"Bagi santri yang dinyatakan lulus seleksi, mereka akan ditanggung penuh untuk semua kebutuhan selama menjalani pendidikan, baik living cost (biaya hidup sehari-hari) hingga seluruh biaya perkuliahan. Dana beasiswa ini ditanggung oleh Kementerian Agama RI melalui Dirjen Pendis Kemenag RI," jelasnya.

Mengenai jumlah kuota yang lulus, Rusdy mengatakan, hal itu merupakan ketentuan dari Kemenag Pusat. Sementara itu, Kakanwil Kemenag Aceh, M. Daud Pakeh berharap, tahun ini lebih banyak santri-santri Aceh yang lulus pada seleksi beasiswa tersebut. 

"Kementerian Agama terus berkomitmen pada program prioritas pendidikan, yaitu perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan melalui program beasiswa PBSB ini. Semoga santri-santri Aceh mampu bersaing dan semakin banyak yang lulus seleksi beasiswa ini, karena mereka akan menjadi generasi masa depan Aceh kelak dan semakin banyak SDM unggul di Aceh nantinya," harap Kakanwil.

sumber : goaceh
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini