WNA Yunani Teriak Minta Tolong Saat Mengapung di Laut Aceh

Aceh Utara - Nelayan Desa Bluka Teubai, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Aceh, menyelamatkan seorang warga negara asing (WNA) yang ditemukan di tengah laut. Rupanya WNA tersebut sempat meminta tolong dengan posisi terapung.

"Dia masih hidup saat ditemukan oleh dua nelayan yang sedang mencari ikan, namun tampak lemas. Kala itu, di tubuh WNA juga masih ada baju, celana, dan sepatu," kata Panglima Laot (Kepala Hukum Adat Laut) Dewantara, Aceh Utara, Didi Darmadi saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (22/5/2017) malam.

Setelah melihat pria itu terapung, nelayan mencoba membantu dan menaikkannya ke kapal mereka yang berukuran 2 GT.

"Mereka temukan sekitar pukul 16.30 WIB. Namun sampai di bibir pantai sekitar pukul 20.30. Setelah itu melaporkan ke Polsek Dewantara dan Tim SAR Aceh Utara. Sekitar pukul 21.30 WIB, korban dievakuasi ke RS Arun," ujar Didi.

Menurut cerita nelayan, ada kapal tanker yang lalu-lalang di sekitar 40 mil dari bibir pantai sebelumnya. Setelah itu, barulah mereka menemukan pria WNA tersebut.

Mereka tidak tahu ternyata kapal raksasa itu sedang mencari rekannya yang jatuh ke laut.

Namun sayang, saat WNA itu ditemukan, kapal tanker tersebut sudah tidak ada. Sepertinya kapal itu sudah menjauh dan tidak mungkin menunggu dengan kondisi WNA tersebut yang sudah kritis dan tidak berdaya. Saat itu pula, nelayan langsung kembali ke daratan untuk memberikan bantuan kepadanya.

Menurut pantauan detikcom di RS Arun sekitar pukul 23.30 WIB, WNA yang berasal dari Yunani itu sedang dalam tahap pengobatan oleh tim medis. Dia tampak sedang diinfus di ruang IGD. Setelah beberapa saat, dia dipindahkan ke ruang inap untuk memulihkan kondisi fisiknya.

Pihak Imigrasi Lhokseumawe sempat berinteraksi dengan WNA tersebut namun tidak lama karena harus banyak beristirahat. Diberitakan sebelumnya, WNA ini ditemukan oleh nelayan dalam kondisi sangat lemas. WNA itu berasal dari Negara Yunani.

"Informasi WNA ini hanyut kita ketahui dari pihak Basarnas Banda Aceh. Mereka melaporkan ke kita bahwa ada seseorang yang jatuh dari kapal. Mereka pun dapat kabar dari Basarnas di Jakarta. Ada kapal yang melaporkan ABK-nya yang hilang di tengah laut. Sore tadi, dapat kabar bahwa nelayan telah menemukan WNA itu," tutur Dahlan, Ketua Tim SAR Aceh Utara.

Dahlan menyebutkan WNA itu bernama Papargryis Charalampos (27) dan berkewarganegaraan Yunani. Dia ditemukan di sekitar 40 mil dari bibir pantai kawasan setempat oleh nelayan yang sedang melaut. 
(bag/bag)

sumber: detik
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini