Jelang Peringatan HUT RI ke 72, Pemerintah Aceh Gelar Rapat Bersama

Banda Aceh – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, Pemerintah Aceh menggelar rapat bersama dengan Kodam Iskandar Muda, Kepolisian Daerah Aceh an berbagai unsur terkait lainnya di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Kamis (03/08/17).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan dihadiri oleh Perwakilan Kodam Iskandar Muda dan Polda Aceh, Sekretaris Daerah Aceh, dan sejumlah SKPA dan lembaga terkait lainnya.

Dalam arahannya Nova Iriansyah berharap acara Peringatan HUT RI ke 72  berjalan lancar dan seluruh kegiatan baik menjelang dan pasca HUT RI 72 dapat dipersiapkan sebaik mungkin.

Nova menghimbau kepada seluruh panitia agar dapat bekerja maksimal agar seluruh kegiatan HUT RI ke 72 berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan, MM selaku  Wakil Ketua I Panitia Pelaksanaan HUT RI ke 72 menyampaikan bahwa, Panitia sudah mengadakan rapat persiapan pertama sebelum surat keputusan Gubernur Aceh tentang kepanitiaan dikeluarkan.

“Panitia sudah pernah rapat pertama, dan hari ini rapat yang kedua setelah keputusan Gubernur aceh tentang kepanitiaan,” ujar Dermawan.

Meskipun kegiatan HUT RI merupakan agenda rutin kata Dermawan, persiapan yang matang tetap diperlukan untuk melakukan cek dan ricek berbagai persiapan baik menjelang detik – detik kemerdekaan dan setelahnya.

Dermawan juga menyampaikan, berbagai persiapan terus dilakukan oleh panitia seperti melatih Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), persiapan upacara detik-detik kemerdekaan, temu ramah dengan keluarga pahlawan dan sebagainya.

Peringatan HUT RI ke 72 lanjut Dermawan juga akan dilaksanakan beberapa kegiatan pokok, diantaranya pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, Renungan Suci, dan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan temu ramah dengan keluarga dan perintis kemerdekan.

“Selain kegiatan itu juga dilakukan kegiatan lainya seperti penyerahan remisi kepada narapidana, upacara penurunan bendera dan karnaval,” ujar Dermawan.

Masyarakat dihimbau Kibarkan Bendera 1 sampai 31 Agustus

Pada kesempatan tersebut, Ketua seksi acara upacara, Dandim 0101/BS letkol Iwan Rosandriyanto menyampaikan  bahwa tahun ini sesuai arahan Panglima TNI akan dilakukan Sosio Drama sebelum pengibaran Bendera. Sedangkan menjelang penurunan bendera akan dilaksanakan doa bersama dan tausiah bersama.

Dandim juga menghimbau seluruh masyarakat, instansi Pemerintah agar mengibarkan bendera merah putih mulai dari tanggal 1 sampai 31 agustus dalam rangka memperingati HUT RI ke 71. 

“Menteri Sekretaris Negara sudah mengeluarkan surat perintah untuk mengibarkan Bendera Merah Putih mulai tanggal 1 sampai 31 Agustus di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Dandim.

Sampai hari ini kata Dandim masih ada perumahan warga, Instansi Pemerintah yang belum memasang Bendera Merah Putih. Untuk ia meminta agar seluruh masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih di rumah masing masing, begitu juga di Instansi Pemerintah.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini