Kawasan Ekonomi Khusus Untuk Barat Selatan Aceh.

Abdya - Wilayah Barat Selatan Aceh harus memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk mengenjot pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Dengan luas garis pantai yang di miliki oleh kabupaten di wilayah barat selatan yang terdiri dari kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya dan Aceh Barat serta Aceh Selatan dan Aceh Singkil maka potensi sektor perikanan akan manjadi komoditi andalan. Guna menggarap hal tersebut maka pemerintah harus menetapkan Kawasan Ekonomi Khusus sektor Perikanan. Hal ini sebagaimana di sampaikan oleh Drs H.T Zulkarnaini,Mantan Bupati Nagan Raya yang kini maju sebagai Calon Anggota Legislatif untuk DPR RI Nomor urut 5 dari Partai Golongan Karya.

“ Saya pikir sudah seharusnya kawasan barat selatan ini menjadi Kawasan Ekonomi Khusus yang menggarap sektor perikanan, ini bukan hal yang mustahil dengan potensi laut yang dimiliki wilayah Barat Selatan Aceh” Katanya ketika sedang berada di Aceh Barat Daya 

Jika wilayah barat selatan memiliki Kawasan Ekonomi Khusus, maka ini akan memaksimalkan penggarapan perekonomian terutama di sektor perikanan secara khusus dan nantinya juga akan berpengarus pada pembangunan sektor lainnya seperti pariwisata. Pembentukaan Kawasan Ekonomi Khusus ini juga harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan strategis guna meningkatkan ekonomi nasional.

“ Kawasan Ekonomi Khusus sudah sepatutnya ada di wilayah barat selatan aceh, ini juga bagian yang tak terpiahkan dari program strategis nasional, KEK Barat selatan harus fokus pada sektor perikanan tapi saya yakin nanti juga akan ada pengembagan lainnya jika KEK sudah lahir, pariwisata misalnya, juga akan bisa kita kembangkan” tambang Ampon Bang.

Saat ini di Aceh sudah ada Kawawan Ekonomi Khusus di wilayah Utara tepatnya Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe yang di bentuk berdasarkan Peraturan Pemerintan Nomor 5 Tahun 2017 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe.

“ Kita berharap Pemerintah Pusat dapat juga membentuk Kawasan Ekonomi Khusus di wilayah Barat Aceh dengan garapan khusus sektor perikanan, jika di wilayah utara sudah ada Kawasan Ekonomi Khusus tidak salah juga di di wilayah barat selatan juga ada” tambahnya.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini