Tagana Bireuen Peringati HUT Yang Ke 15


Bireuen / Acehinfo.Com  - Kasie Perlindungan Sosial, Maulida Ulfa R.S.Sos.I,MA bertindak  sebagai inspektur upacara dalam rangka Apel Siaga memperingati HUT Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke 15 Tahun 2019. Apel siaga tersebut berlangsung di kantor Dinsos setempat. Rabu (27/3/2019) dihadiri puluhan anggota Tagana Kabupaten Bireuen.
Pada Apel itu , Ketua Tagana Kabupaten Bireuen, Zulfikar menjabat sebagai komandan upacara.
Dalam inti arahannya Maulida Ulfa mengatakan, Tagana  merupakan relawan sosial terlatih yang berasal dari masyarakat, memiliki kepedulian dan aktif dalam penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial.
kiprah nyata Tagana selama 15 Tahun telah di akui oleh berbagai pihak.

Diawalidari kelahirannya di tanggal 24 Maret 2004, TAGANA berkembang dan menjadi garda terdepan saat terjadinya bencana.

“Ini sangat berhubungan dengan tagline Tagana yaitu “Satu Jam di Lokasi Bencana”, ujarnya.

Dirinya sangat bangga kepada para Tagana sebagai relawan kemanusiaan tanpa pamrih.

“Saya tidak bisa menyembunyikan rasa bangga Saya, karena saat ini saya bisa berdiri di depan relawan kemanusiaan yang bekerja tanpa pamrih melakukan perlindungan terhadap korban bencana yaitu Tagana,” kata Maulida Ulfa.

“Selamat Hari Ulang Tahun Tagana ke 15 Tahun 2019, Kiprah Nyata 15 Tahun Tagana Wujudkan Masyarakat Siaga Bencana,”ujar Kasie Perlindungan Sosial di Dinsos Bireuen.

Selain Apel Siaga, HUT Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke- 15, tahun 2019 di Bireuen, dirangkai dengan berbagai kegiatan, diantaranya Simulasi Banjir Bandang.

Kemudian,  Pengukuhan anggota Tagana baru berjumlah 36 anggota oleh Kadis Sosial Kabupaten Bireuen Drs Murdani dan Penyajian materi dasar-dasar Tagana dan manajemen dasar bencana.

Dijelaskan, Kementerian Sosial juga melakukan beberapa rencana strategis dalam hal penanggulangan bencana, seperti Peningkatan Kesiapsiagaan dan Mitigasi.

Peningkatan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana alam dengan kegiatan penyediaan sarana dan prasarana logistik, Pelatihan untuk TAGANA Muda, Madya dan Utama serta spesialisasi, fasilitasi pembentukan Kampung Siaga Bencana dan fasilitasi Tagana Masuk Sekolah.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Sosial Republik Indonesia pada HUT Tagana Indonesia 2019 di Tagana Training Center, Sentul, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat pada 25 Maret 2019.

Juga Tak kalah penting,  Penyaluran Pemenuhan Kebutuhan Dasar untuk korban bencana alam pada masa darurat berupa pengerahan SDM Tagana, pemberian bantuan permakanan melalui dapur umum, tenda darurat, distribusi logistic keperluan keluarga dan Layanan Dukungan Psikososial (LDP). Yang terakhir, mengenai Penyelenggaraan pemulihan dan penguatansosial korban bencana alam.(Yudi Wbc)

Share on Google Plus

Tentang Kami | Pedoman Media Siber Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2019. Aceh Info