KAJARI PERINGATI HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA




 Bireuen / Acehinfo - Dalam rangka Perigatan hari anti korupsi sedunia Kajari Bireuen tahun 2019 dengan tema"Bersama Melawan Korupsi, mewujudkan Indonesia Maju", yang bertempat
di halaman kantor Kajari Bireuen,  Senin, 9/12. Dalam kegiatan itu, Kajari Bireuen a.n. M. Junaedi, SH., MH menjadi inspektur Upacara Perigatan hari anti korupsi internasional tahun 2019 dalam sambutannya Kajari mengatakan Momen penting ini merupakan saat yang baik untuk kita bersama melakukan introspeksi dan evaluasi guna mendorong perbaikan kualitas kerja kita dalam upaya mewujudkan pemberantasan korupsi yang dapat memenuhi ekspektasi terciptanya indonesia maju dan bersih korupsi.

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia tahun 2019 kali ini
mengambil tema "Bersama Melawan Korupsi, mewujudkan
Indonesia Maju". Terna yang relevan untuk semakin meneguhkan kembali komitmen dan tanggung jawab bersama untuk saling bahu membahu dalam proses penegakan hukum pencegahan dan pemberantasan korupsi guna memajukan indonesia.

Pemahaman bahwa korupsi merupakan musuh bersama, maka sudah barang tentu agenda pemberantasan korupsi
harus merepresentasikan upaya yang melibatkan partisipasi semua komponen bangsa terlebih aparatur Kejaksaan sebagai garda terdepan yang memiliki peran penting dan vital dalam penegakan hukum, maka sudah sepatutnya mendorong dan menggerakkan setiap warga masyarakat dan komponen lainnya untuk menjadi bagian
dari gerakan moral dalam memerangi korupsi di level mana pun.

Kejahatan korupsi diakui tidak hanya sebagai masalah yang sangat kompleks, meluas, namun juga bersifat sistemik fakta menunjukkan, seringkali korupsi tumbuh subur sebagai bagian dari masifnya kekuasaan ekonomi, hukum, dan politik, dan bahkan merupakan bagian dari sistem itu sendiri.

Fenomena praktik korupsi yang melembaga ini nyaris merasuki seluruh sektor kehidupan dan dilakukan secara berulang-ulang hingga merusak sendi-sendi perekonomian, serta menghambat pembangunan nasional oleh karena itu, dalam hal penanggulangan korupsi ini tidak hanya semata-mata diperlukan langkah-langkah pemberantasan yang bersifat sinergis, komplementer, terintegrasi, dan proporsional, namun orientasi penanggulangannya juga harus dapat memberikan solusi yang memberikan manfaat bagi perbaikan sistem.

Dengan demikian diperlukan upaya indentifikasi, analisa, sekaligus pemetaan yang komprehensif terhadap akar masalah dan faktor-faktor penyebab terjadinya korupsi, guna diformulasikan langkah-langkah perbaikan di samping diperlukannya juga upaya untuk memonitor setiap kebijakan guna melihat tingkat kerawanan akan potensi terjadinya praktik korupsi sehingga kedepannya,
potensi tindak pidana korupsi dapat diantisipasi dan dicegah.

Selain persoalan korupsi sistemik tersebut, dalam perkembangannya, terdapat beberapa persoalan penting yang harus kita waspadai bersama modus operandi untuk melakukan kejahatan korupsi saat ini yang sudah sedemikian canggih, karena telah memanfaatkan berbagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di samping pula persoalan yang berkaitan dengan sikap permisif sebagian besar masyarakat terhadap korupsi, yang turut memberikan
andil cukup besar sebagai faktor penghambat signifikan terbebasnya negeri ini dari bahaya perbuatan korupsi, Tutup Kajari Bireuen.

Pada pukul 10.00 WIB Kajari beserta jajaran melakukan kunjungan ke kantor DPW PA/KPA , DPD Golkar, DPC. PKB dan PNA sebagai bentuk koordinasi pencegahan korupsi di wilayah Bireuen.

Kegiatan Perigatan hari anti korupsi sedunia Kajari Bireuen tahun 2019 bertujuan untuk memsosialisasikan tentang bahaya korupsi dilingkungan pemerintah Bireuen melalui partai politik lokal maupun partai nasional di wilayah Kabupaten Bireuen.

Dalam kegiatan kunjungan kekantor Partai politik Kajari Bireuen membagikan Rompi, sticker, leaflet, dan bunga kepada pimpinan dan pengurus parpol tersebut.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasi Intel Kajari Bireuen a.n. Feri Wisdom ,S Sumbayak. S.H, Kasi pidum Kajari Bireuen a.n. T. Hendra S.H, Kasi pidsus a.n. Saifuddin S.H. M.H, Kasi Perdata dan tata usaha negara a.n. R. Bayu Ferdian, SH. MH, Kasi BB a.n. Agus Salim Tampubolon, SH, MH, Kasubagbin a.n. Herman, S.Kom.
(Yudi Wbc)

Share on Google Plus

Tentang Kami | Pedoman Media Siber Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2019. Aceh Info