Tito Karnavian Resmi Lantik Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh

 

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian resmi melantik Nova Iriansyah (56) sebagai gubernur definitif Aceh. Pelantikan itu berlangsung di gedung utama DPRA Banda Aceh, Kamis (11/15), dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pantauan kumparan, Nova tiba lebih dulu di gedung DPRA sekitar pukul 09.03 WIB, mengenakan pakaian dinas upacara (PDU) kepala daerah saat dilantik.  Nova tiba bersamaan dengan rombongan Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud Al-Haythar. Hanya berselang 25 menit kemudian, rombongan Mendagri menyusul ke lokasi pelantikan.  Acara pelantikan Nova Iriansyah dimulai pukul 09.48 WIB. Proses pelantikan berlangsung dengan sejumlah pembatasan dan sesuai protokol kesehatan.

Pembukaan sidang paripurna pengambilan sumpah dan pelantikan Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017-2020 itu dibuka oleh pimpinan ketua DPR Aceh, Dahlan Jamaluddin.  Para tamu undangan hanya dihadiri ketua dan anggota dewan, forum koordinasi pimpinan daerah, beberapa anggota RI asal Aceh, dan sejumlah anggota keluarga Nova. Sementara para bupati dan wali kota se-Aceh, mengikuti proses pelantikan secara virtual atau video conference.

Karena kondisi masih di tengah suasana pandemi, prosesi pelantikan juga mengalami beberapa penyesuaian. Tito hanya menyerahkan SK pelantikan, sementara pangkat dan tanda jabatan telah dipasang lebih dulu.

“Saya Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia, dengan resmi melantik Saudara Nova Iriansyah sebagai Gubenur Aceh berdasarkan keputusan presiden nomor nomor 95/P tahun 2020 15 September 2020,” ucap Tito, usai melakukan pengambilan sumpah terhadap Nova. Tito mengatakan, dirinya percaya Nova akan menjalankan roda pemerintahan pada sisa masa jabatannya dengan sebaik mungkin. 

“Saya percaya bahwa Saudara akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Dengan isi isi tanggung jawab diberikan,” katanya. 

Menjalankan Syariat Islam

Sementara itu, dalam sambutannya, Nova meminta dukungan  DPRA, ulama, unsur Forkompimda, partai politik, dan seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan amanah tersebut. Terlebih dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini. Selain itu dia juga mengungkapkan komitmennya menjaga agama Islam. Terlebih Aceh adalah provinsi yang memiliki keistimewaan menerapkan hukum Islam.

"Aceh adalah daerah yang berada di garda paling terdepan apabila Islam mendapat penghinaan. Aceh dengan mantap dan yakin akan menjalankan syariat Islam dengan sebaik-baiknya," tegas Nova.  Sebelumnya Nova merupakan wakil Irwandi Yusuf. Keduanya terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh pada Pilgub 2017 lalu. Namun, belum setahun menjabat, Irwandi terjerat kasus korupsi. 

Untuk tetap menjalankan roda pemerintahan, Nova kemudian ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh.  Irwandi Yusuf kini tengah menjalani hukuman di Lapas Sukamiskin, Bandung, dengan hukuman 7 tahun penjara

Laporan ini sebagaimana di turunkan oleh https://kumparan.com/kumparannews/tito-karnavian-resmi-lantik-nova-iriansyah-sebagai-gubernur-aceh-1uWqJZnelz8/full




Share on Google Plus

Tentang Kami | Pedoman Media Siber Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2019. Aceh Info