Lima Manfaat Ekonomi Dari Program Replanting Sawit


Suka Makmue acehinfo.com-Pelaksanaan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang dikelola BPDPKS,diwujudkan untuk mencapai produktivitas perkebunan sawit rakyat yang optimal dengan menerapkan prinsip prinsip berkelanjutan 

Kabupaten Nagan Raya,berdasarkan data yang PSR telah dikelola oleh masyarakat mencapai 4339 Hektar sejak dari tahun 2017 sampai RT tahun 2019.Mengutip hasil penelitian dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPPKS),kegiatan peremajaan sawit juga dapat memberikan manfaat secara ekonomi.

Menurut Salman senin 28 juni 2021,pertama,strategi stabilitas harga CPO.Pergerakan harga CPO sangat erat kaitannya dengan keseimbangan supply dan demand.Dan menurut hasil penelitian tersebut,program PSR menjadi salah satu strategi dalam mengurangi stok sawit,sehingga mendorong peningkatan harga.

Kedua dapat mengurangi biaya produksi TBS,serta untuk peningkatan biaya panen yang tidak diiringi dengan meningkatnya produksi,dikarenakan usia tanaman di atas 25 tahun menyebabkan harga pokok produksi TBS meningkat dan dapat menurunkan B/C rasio dari usaha kebun.

Dan dengan dilakukan kegiatan peremajaan,harga pokok produksi akan menurun terutama jika diimbangi dengan penerapan Best Management Practices (BMP) dan penggunaan bahan tanaman unggul,kata Ketua Forum PSR Salman kepada Awak Media.

Selanjutnya dapat menghasilkan potensi biomassa yang bernilai ekonomo.Setiap 1 hektar kebun kelapa sawit yang diremajakan dapat menghasilkan 10 sampai 16 ton pelepah dan 70 ton per hektar batang sawit.Batang sawit juga dapat di olah menjadi gula merah sawit.Selain itu,pelepah sawit juga dapat diolah menjadi sumber pakan ternak serta lidinya dapat dikreasikan menjadi berbagai macam produk kerajinan yang bernilai ekonomi tinggi.

Dan manfaat ke empat dapat meningkatkan pendapatan pekebun.Program PSR yang diiringi dengan penerapan BMP berkelanjutan dapat meningkatkan pendapat pekebun seiring dengan peningkatan produktivitas tanaman.

Sedangkan yang terakhir,Peremajaan sawit sebagai sumber pendapatan tambahan serta sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.

Jailani (50 Tahun) Warga Gampong Drien Tujoh Tripa Makmur mengatakan,dengan menerima manfaat 4 hektar lahan sawit dari program PSR,ia telah sangat bersyukur atas bantuan tersebut.

Semoga PSR berkelanjutan di Nagan Raya,karena besar manfaat bagi masyarkat setempat.Untuj itu,ia meminta kepada pihak koperasi,untuk lebih ketat lagi melakukan pengawasan serta penjagaan terhadap lahan yang sudah diremajakan.

Hal senada juga disampaikan Meurah Ali ( 44 tahun) warga Alue Seupeung Tadu Raya,lahan yang terima sesuai dengan harapan petani,sehingga dapat berlanjut untuk tahun mendatang.Dan PSR yang diterima masyarakat,berhasil dan sangat baik serta tidak ada hambatan apapun.

Selanjutnya,Sarbini (38 tahun) juga penerima manfaat PSR warga Sumber Daya Tadu Raya,dengan lahan PSR tersebut dapat membatu kebutuhan keluarga dimasa depan.Untuk itu,kepada pihak Koperasi Replanting Sawit,agar program bermanfaat tersebut dapat dilanjut,demi untuk membantu keluarga kurang mampu di Kabupaten Nagan Raya.
Share on Google Plus

Tentang Kami | Pedoman Media Siber Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2019. Aceh Info