BANDA ACEH | DiliputNews.com – Pemerintah Aceh berharap kesediaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk membuka Pekan Kebudayaan Aceh (PKA VI) yang dijadwalkan awal September 2013.

“Kami berharap Kepala Negara hadir dan dapat membuka PKA ke-6 yang merupakan perhelatan kegiatan budaya lima tahunan itu,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Adami Umar di Banda Aceh, Jumat 12 Juli 2013.

Dijelaskan, PKA merupakan perhelatan budaya tingkat provinsi yang akan diikuti oleh 23 kabupaten dan kota di Aceh. PKA VI itu juga sekaligus momentum menyemarakkan tahun kunjungan Aceh 2013.

Disebutkan, PKA ke-6 itu juga diberi tema “Aceh satu dalam wilayah, dan Aceh satu dalam budaya” selain ajang budaya merepresentasikan puncak-puncak kebudayaan di provinsi ujung paling barat Indonesia tersebut.

“Kearifan kita menjadi pemersatu itu sebagai tema PKA 2013. Karenanya kita berharap partisipasi seluruh elemen untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan PKA tersebut,” kata Adami Umar menambahkan.

Dijelaskan tujuan kegiatan PKA itu untuk membentuk kepribadian masyarakat yang berbudaya. Melestarikan nilai budaya bangsa untuk mengangkat harkat dan martabat manusia yang dijiwai oleh nilai-nilai agama.

Kemudian sesuai dengan konteks Aceh sebagai daerah yang menerapkan Syariat Islam kaffah (menyeluruh), maka PKA juga untuk meningkatkan peran serta dan apresiasi masyarakat dalam mengaktualisasikan nilai-nilai budaya Aceh yang Islami.

Adami menjelaskan, kegiatan PKA juga diharapkan tumbuhnya motivasi, daya cipta para seniman dan budayawan serta masyarakat.

“Menguatnya perhatian pemerintah dalam pengembangan kebudayaan Aceh juga menjadi sasaran yang diharapkan dari kegiatan PKA nanti,” katanya menambahkan.

Namun tidak kalah pentingnya, Adami menjelaskan kegiatan PKA dapat meningkatkan arus kunjungan wi


Comments

comments

Leave a Reply